20 Peserta Berebut 7 Kursi Anggota Lembaga Ombudsman DIY

Selasa, 21 November 2017 19:06
Laporan Reporter Tribun Jogja, Dwi Nourma Handito
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Sebanyak 20 calon anggota Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) 2018-2021 menjalani uji publik yang dilaksanakan di DPRD DIY, Selasa (21/11/2017).
Adapun 20 calon anggota ini sebelumnya telah menjalani berbagai serangkaian tes.
Ketua Tim Seleksi, Achiel Suyanto mengatakan dari 20 calon anggota LO DIY yang memiliki latar belakang beragam ini nantinya akan dikerucutkan kembali jumlahnya. Yakni menjadi 10 besar saja.
“Dari 10 orang, yang akan diangkat oleh Bapak Gubernur adalah berjumlah tujuh orang, yang tiga menjadi cadangan,” kata Achiel.
Tiga orang yang menjadi cadangan tersebut nantinya akan mengisi jabatan komisioner LO DIY apabila ada yang mundur atau tidak bisa menjalankan tugasnya.
Sehingga tidak perlu ada prosedur seleksi lagi dan cadangan tersebut bisa langsung bisa mengisi yang kosong.
Sementara itu pada uji publik, setiap calon anggota memaparkan kerangka kerja yang akan dilakukan jika terpilih menjadi anggota LO DIY.
Hadir dalam uji publik tersebut komisioner LO DIY, salah satunya adalah Mohammad Saleh Tjan, yang menjabat Wakil Ketua Bidang Aparatur Pemerintah Daerah.
Diwawancara usai uji publik usai, Saleh mengatakan para calon anggota secara umum memiliki pengetahuan pelayanan publik yang baik. Namun menurutnya pengetahuan terkait itu tidaklah cukup.
Meski begitu, pihaknya optimistis para calon anggota dapat menyesuaikan dan memperdalam terkait tupoksi LO DIY yang berkaitan instansi pemerintah maupun tata kelola usaha swasta. (*)

Penulis: dnh
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja

Sumber

Leave a Reply