Anggota LOD dan LOS dikukuhkan

Ombudsman Harus Menjaga Independensi

YOGYA (KR) – Anggota Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) dan Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) DIY periode 2012-2015 dikukuhkan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamenku Buwono X di Kepatihan, Selasa (10/1). LOD-LOS dibentuk pemerintah sebagai saluran resmi masyarakat untuk melakukan pengaduan dan pelaporan mengenai pelayanan publik yang kurang memuaskan.

“Harus disadari masyarakat sekarang semakin cerdas dan kritis terhadap pelayanan yang disediakan pemerintah,” kata Gubernur usai mengukuhkan anggota LOD-LOS DIY.

Pemerintah daerah, lanjut Gubernur, dituntut untuk mengejawantahkan pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik, untuk itulah dibentuk LOD-LOS. Melalui laporan yang disampaikan masyarakat, akan ada mekanisme kontrol, sehingga ke depan diharapkan ada upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan sekaligus meminimalkan penyalahgunaan wewenang.

Anggota LOD yang dikukuhkan yaitu Ratna Mustikasari SIP, Buyung Ridwan Tanjung SH LLM, Eko Agus Wibisono SIP, Muchsin Achmad Sag MAg dan Siwi Dwi Lestari Dian Kustanti SPsi. Sedang anggota LOS yaitu Siti Rochmani Sag, Siti Umi Achiroh SH, Nur Syahbani Purnama SE MSi, Slamet SPd dan Lukman Firdausi SAntr. Turut hadir menyaksikan pengukuhan, Wagub DIY Paku Alam IX, Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati, tim seleksi anggota LOD-LOS dan utusan pemkab/pemkot.

Gubernur menyampaikan pesan, idependensi anggota ombudsman harus benar-benar dijaga, sehingga masyarakat pun percaya ombudsman benar-benar menindak lanjuti segala laporan dari masyarakat. Untuk itu kemampuan SDM-nya perlu ditingkatkan, sehingga tercipta capacity building yang lebih professional dan terpercaya. (Ast) – o

Sumber : SKH Kedaulatan Rakyat Rabu 11 Januari 2012

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *