BHI- Partisipasi Publik Dalam Monitoring Pelayanan Publik Pemerintah Daerah

Jumat, 27 July 2012 | 17:30 WIB

Partisipasi Publik Dalam Monitoring Pelayanan Publik Pemerintah Daerah

Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) yang dibentuk Pemerintah Daerah sejak tujuh tahun lalu hingga kini belum banyak menerima laporan pengaduan dari masyarakat terkait dengan pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah daerah. Bahkan belum banyak warga Daerah Itimewa Yogyakarta yang mengenal tentang fungsi LOD ini. Untuk mendorong masyarakat agar peka terhadap pelayanan public, LOD mendorong LSM dalam rangka membangun sistim audit sosial. Ini adalah program LOD untuk mendorong warga DIY agar berani memberikan pengaduan terkait dengan pelayanan publik. Demikian diungkapan oleh Ketua Pokja Bidang Penanganan Laporan LOD DIY, Buyung Ridwan Tanjung, SH.

Peran LSM dalam mengedukasi warga agar berani mengadukan pelayanan publik sangat penting. Koordinator Divisi Advokasi IDEA, Sunarja menegaskan, “LSM IDEA sejak tahun 2009 silam telah mengenalkan sistim audit sosial di tengah masyarakat”. Dengan memberikan pelatihan sistim audit sosial kepada warga  nantinya masyarakat akan bisa memberikan saran maupun kritik terhadap layanan publik yang diselenggarakan pemerintah. Di Kabupaten Gunungkidul IDEA melakukan pelatihan audit sosial pada sector pendidikan, kesehatan, infrasruktur dan pertanian. Di Kabupaten Bantul IDEA memberikan pelatihan audit sosial terkait pendidikan dan subsidi pupuk. Selanjutnya setelah Agustus 2012 IDEA akan melakukan pelatihan audit sosial di masyarakat lereng Merapi terkait rencana rehabilitasi dan rekonstruksi.

Bagi pemerintah sendiri kritik dan saran yang dilaporkan warga terkait dengan pelayanan publik juga sangat diperlukan dalam rangka memperbaiki pelayanan publik. Wakil Bupati Sleman, Hj. Yuni Satia Rahayu mengatakan, “ Pemerintah Kabupaten Sleman sangat terbuka menerima kritik dan saran dari warga Sleman.” Bagi warga yang ingin mengadukan masalah pelayanan publik yang diselenggarakan Kabupaten Sleman dapat menghubungi Humas Pemkab Sleman dengan mengakses melalui www.slemankab.go.id

Partisipasi masyarakat dalam mengadukan pelayanan publik sangat dibutuhkan agar pemerintah dapat memperbaiki sistem pelayanan  masyarakat.

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *