Pelayanan dan Investigasi

Deskripsi dan fungsi bidang pelayanan dan investigasi adalah menerima konsultasi serta mengelola aduan masyarakat, baik yang diadukan secara langsung maupun tidak langsung.Pengelolaan aduan meliputi pengadministrasian,klarifikasi, koordinasi, investigasi, mediasi, konsultasi ahli,dan penerbitan rekomendasi. Dalam pelaksanaan tugasnya, bidang ini tidak bekerja sendiri tetapi juga melibatkan anggota komisoner LO DIY yang dibantu asisten yang lain. Tentu saja pembagian penanganan aduan dilakukan dengan memperhatikan tugas dan kegiatan masing-masing bidang. Hal ini dilakukan agar penangan aduan bisa berjalan lancar sesuai dengan standar operasional dan prosedur yang sudah ditentukan.  Bidang ini diketuai oleh Sugeng Raharjo  (Kabid PI) dibantu 2 asisten bidang yaitu Rr. Anna Sekar W, SH dan Evi Nurakhidah, S.Sos dan seorang staf Pengaduan Dhelina Puteri Nur Rahmawati S.Pd. Deskripsi ketugasan bidang ini adalah:

  1. Menerima aduan dan melakukan langkah-langkah untuk menindaklanjuti laporan atau informasi mengenai terjadinya penyimpangan mal administrasi bidang aparatur pemerintah maupun pelanggaran etika usaha swasta. 
  2. Menyiapkan konsep hasil akhir atas kasus aduan di LO DIY baik bidang aparatur pemerintah maupun usaha swasta. 
  3. Bertanggungjawab terhadap tindak lanjut atas kasus aduan di LO DIY baik bidang aparatur pemerintah maupun usaha swasta dari tingkat klarifikasi, investigasi, mediasi, dll.
  4. Melakukan kerjasama dan atau koordinasi dengan aparat pemerintahan atau pelaku usaha swasta yang terkait dalam melaksanakan klarifikasi, investigasi, mediasi, dll.
  5. Melakukan investigasi pada bidang aparatur pemerintahan dan usaha swasta yang diadukan oleh masyarakat serta pihak lain yang terkait, guna memperoleh keterangan dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku.
  6. Bertanggung jawab terhadap hasil akhir atas kasus aduan di LO DIY baik bidang aparatur pemerintahan dan usaha swasta.
  7. Bertanggung jawab terhadap penyampaian hasil akhir atas kasus aduan di LO DIY baik bidang aparatur pemerintahan dan usaha swasta.
  8. Melakukan tindakan lain guna mengungkap terjadinya penyimpangan mal administrasi yangdilakukan oleh bidang aparatur pemerintahan dan usaha swasta.
  9. Melakukan koordinasi dan sinergitas dengan bidang lain dalam pelaksanaan tugas-tugas masing-masing bidang.

Penelitian, Pengembangan dan Hubungan Kelembagaan

Deskripsi tugas bidang  penelitian dan pengembangan adalah melakukan penelitian dan pengembangan, baik pengembangan yang menyangkut kelembagaan maupun pengembangan pelaksanaan tugas dan fungsi LO DIY dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih serta penyelenggaraan  usaha swasta yang beretika dan berkelanjutan. Bidang ini diketuai oleh Yusticia Eka Noor Ida, ST dibantu seorang asisten bidang yaitu Ikhsanudin Muchlis, S.Sos.  Deskripsi ketugasan bidang ini adalah:

  1. Mengkoordinasikan penulisan, penerbitan jurnal, bulletin dan rubrik media lainnya.
  2. Mengkoordinasikan pelaksanaan Review Kebijakan.
  3. Melakukan koordinasi dan sinergitas dengan bidang lain dalam pelaksanaan tugas-tugas bidang.

Sosialisai, Kerjasama dan Penguatan Jaringan

Deskripsi bidang sosialisasi, kerjasama dan penguatan jaringan adalah melakukan sosialisasi, kerjasama, dan penguatan jaringan dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) LO DIY untuk mencegah mal-administrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan penyimpangan tata kelola usaha swasta. Bidang ini diketuai Drs. Muhammad Nugroho (Kapokja SKPJ) dibantu 2 asisten bidang, yaitu Yustina Setiarini, S.Tp dan Nurul Luthfiana Shinta Arifin Putri, S.IP. Deskripsi ketugasan bidang ini adalah:

  1. Melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang tugas, fungsi dan wewenang LO DIY.
  2. Melakukan sosialisasi guna mengefektifkan pengawasan tata kelola pemerintah yang bersih dan tata kelola usaha swasta yang beretika oleh masyarakat.
  3. Menjalin kerjasama dengan perseorangan, instansi pemerintah, badan usaha pemerintah maupun swasta, organisasi profesi, LSM, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan dan pemangku kepentingan llainnya untuk mencegah terjadinya penyimpangan bidang aparatur pemerintah dan bidang usaha swasta.
  4. Mendorong masyarakat lebih menyadari akan hak-haknya dalam memperoleh pelayanan prima dari aparatur pemerintah dan bidang usaha swasta.
  5. Mendorong munculnya unit-unit pengaduan dan penyelesaian aduan diberbagai tingkatan masyarakat, baik dalam bidang aparatur pemerintah dan bidang usaha swasta.

Monitoring dan Evaluasi

Deskripsi bidang monitoring dan evaluasi adalah melakukan monitoring dan evaluasi internal maupun eksternal terhadap tugas, pokok dan fungsi LO DIY dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih serta penyelenggaraan  usaha swasta yang beretika dan berkelanjutan. Bidang ini diketuai oleh Fajar Wahyu Kurniawan, S.IP (Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi) dibantu seorang asisten bidang yaitu Ary Daniyulianti, SH. Deskripsi ketugasan bidang ini adalah:

  1. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program bidang-bidang di LO DIY.
  2. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap efektifitas SOP dan manajemen internal organisasi LO DIY.
  3. Melakukan monitoring terhadap pelayanan dan pengelolaan pengaduan atas kasus di  LO DIY di berbagai instansi baik bidang aparatur pemerintah maupun usaha swasta.
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan produk akhir atas kasus aduan di LO DIY
  5. Melakukan koordinasi dan sinergitas dengan bidang lain dalam pelaksanaan tugas-tugas bidang.

Ikuti Kami

Cukup dengan klik