Buletin LO DIY ed.2 2017

Menakar Efektivitas dan Efisiensi LO DIY Pasca Penggabungan (oleh: Sutrisnowati, S.H., M.H., M.Psi)

Reformasi mengamanatkan perubahan kehidupan bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat yang didasarkan pada penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis serta penyelenggaraan usaha swasta yang beretika dan berkelanjutan dalam rangka menciptakan keadilan dan kepastian hukum bagi seluruh warga negara. Sebelum reformasi, penyelenggaraan pemerintahan diwarnai dengan praktek maladministrasi, antara lain terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN)……

Kualitas Pelayanan Publik di Desa (oleh: Nur Wening)

Pelayanan publik merupakan salah satu tanggung jawab dari instansi pemerintah, baik itu di pusat, daerah, maupun desa. Pelaksanaan pelayanan publik ini merupakan salah satu fungsi pemerintah dalam melakukan kemudahan pada masyarakat dalam menggunakan hak dan kewajibannya. Dalam penyelenggaraan pelayanan oleh pemerintah, rasa puas masyarakat terpenuhi bila apa yang diberikan oleh pemerintah kepada mereka sesuai dengan apa yang mereka harapkan…..

Investasi Bodong: Mengapa selalu menggiurkan?
“High Return, High Risk, Keuntungan yang tinggi selalu diikuti dengan resiko yang tinggi” (oleh: Hanum Aryani, S.H.)

Di era perdagangan bebas, sebuah negara dituntut untuk dapat bersaing dengan negara lain tidak terkecuali Indonesia. Maka berbagai kebijakan termasuk kemudahan di bidang perizinan diterapkan oleh pemerintah dengan harapan akan banyak investor menanamkan modal di Indonesia dengan harapan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia…..

Monitoring dan Evaluasi Pengawasan Tata Kelola Usaha Yang Beretika di DIY (oleh: Hartoto Adi Mulyo, S.Pi)

Tahun 2016, Lembaga Ombudsman DIY telah menerima 283 aduan masyarakat tentang pelayanan publik di DIY. Hal ini memperlihatkan peningkatan daripada tahun 2015 yang berjumlah 251 kasus aduan…..

Komitmen Perlindungan Tenaga KerjaKomitmen Perlindungan Tenaga Kerja oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, sejauh Mana? (Studi Kasus Penahanan Ijazah di Lembaga Ombudsman DIY) (oleh: Muhammad Imam Santoso, S.IP )
Pendahuluan Ternyata pengaduan bidang swasta khususnya mengenai penahanan ijazah tidak pernah “surut”, malah cenderung meningkat pada tahun 2017 ini. Menurut catatan data aduan Lembaga Ombudsman DIY tiap tahunnya terjadi peningkatan khususnya tahun 2017 ini pada 2 bulan terakhir  (Juli, Agustus) tercatat 23 aduan tentang penahanan ijazah…..

Selengkapnya

Leave a Reply