GTT Sepenuhnya Tanggung Jawab Sekolah

WATES – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulonprogo H Mastur BA menegaskan keberatan guru tidak tetap (GTT) saat ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah. Dinas tidak ada kewenangan mengatur mereka.

Hal tersebut diungkapkannya Sabtu lalu di Temon, menanggapi ungkapan Fraksi Golkar DPRD Kulonprogo yang dilontarkan sebelumnya. Ia menampik penilaian ada semacam keharusan dinas untuk mengaur mereka.

“Tidak ada keharusan bagi kami untuk mengatur GTT. Karena kami tidak memiliki payung hukum untuk itu. Kami hanya sekedar menghimbau atau memberikan saran saja,” ujar Mastur.

Mastur mengkaitkan keberadaan GTT dengan keberadaan komite sekolah. Sehingga mestinya GTT dibicarakan antara sekolah dengan komite sekolah.” Yang kami sarankan selama ini adalah bila mengangkat GTT hendaknya dengan semacam kontrak,” katanya. Kontrak tersebut dibuat dan ditanda tangani bersama untuk jangka waktu kontrak satu tahun. Setelah kontrak selesai dapat dilakukan perpanjangan selama satu tahun kemudian atau berhenti.

Dikatakan Mastur, di Kulonprogo dana BOS memang baru hanya untuk para siswa saja untuk guru belum. “Kalau di Sleman memang sudah ada BOS Daerah. Untuk Kulonprogo belum ada, karena keterbatasan dana APBD. (wid)

Sumber: BERNAS JOGJA, Senin, 13 Juli 2009

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *