Harapan pelayanan publik di hari pangan sedunia

Tanggal 16 Oktober 2018 merupakan Hari Pangan Sedunia, salah satu momentum untuk senantiasa bersyukur atas rahmat dan karunia Allah Tuhan Yang Maha Esa. KarenaNya bumi kita diberikan kesuburan dan kekayaan yang menghasilkan sumber pangan berlimpah untuk semua masyarakat.
Disisi lain, pemerintah memiliki peran dalam pelayanan publik pada sektor pangan, yang hingga saat ini perlu ditingkatkan dan dijaga kesinambungannya. Sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan UU No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, masyarakat berhak mendapatkan pelayanan yang baik. Stabilitas dan ketersediaan pangan merupakan salah satu hak dasar masyarakat yang harus dijamin oleh pemerintah.

Dalam rangka mendorong stabilitas dan ketersediaan pangan, pemerintah perlu mendorong optimalisasi produksi petani lokal melalui kebijakan berbasis intensifikasi pertanian. Menjamin petani lokal menanam bibit unggul, menjamin ketersediaan pupuk bagi petani, pembekalan petani dalam pengelolaan lahan maupun tanaman serta menjamin kawasan pertanian terjaga kelestariannya dari pemilik modal yang memungkinkan melakukan konversi lahan pertanian menjadi perumahan maupun kawasan industri.

Produksi pertanian lokal yang optimal mampu meningkatkan kesejahteraan petani khususnya, juga masyarakat dalam mencukupi kebutuhan pangan pada umumnya. Keberhasilan petani dalam meningkatkan hasil produksi dapat mendorong kemandirian bangsa dalam pemenuhan kebutuhan pangan sehingga tidak bergantung pada negara lain. Selamat Hari Pangan, semoga bangsa kita semakin berdaulat pangan dan meningkatnya kesejahteraan!

Kontributor: Evi Nur Akhidhah, S.Sos – Asisten Bidang Pelayanan dan Investigasi

Ilustrasi Gambar: Admin LO DIY

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *