Jamkesmas Salah Sasaran Banyak Dikeluhkan

YOGYA (KR) – Sebanyak 307 pengaduan diterima Lembaga Ombudsman Daerah DIY sepanjang 2013 dan 101 diantaranya berkaitan pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat yang salah sasaran. Angka pengaduan ini lebih tinggi dibanding tahun 2012 yang hanya 153 aduan, 19 diantaranya keluhan pelayanan kesehatan.

Ketua LOD DIY Ratna Mustika Sari SIP menyampaikan hal itu di Kantor LOD DIY Jalan Tentara Zeni Pelajar No. 1A  Yogya, Selasa (17/12), berkaitan Refleksi Akhir tahun 2013 LOD DIY. LOD adalah pengawas independen terhadap kinerja pemerintahan dalam pelayanan publik.

Berkaitan Refleksi Akhir Tahun 2013 LOD DIY menggelar pentas seni dan budaya bersama budayawan Mustofa W Hasyim dan Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana di Halaman Kantor LOD DIY pada Rabu (18/12), pukul 19.30 WIB. Kegiatan bertema “Warga Negara dan Pelayanan Publik”.

Ratna Mustika Sari mengatakan, dari tahun ke tahun jumlah pengaduan masyarakat berkaitan pelayanan publik memang masih tinggi, hanya saja kualitas kasusnya cenderung lebih kompleks. Apalagi, sering kali aduan tersebut berkaitan dengan kebijakan dari pemerintah pusat yang tidak melibatkan pemerintah daerah. Bahkan menjelang 2014 diprediksi angka pengaduan dari masyarakat berkaitan pelayanan publik meningkat.

Sumber: SKH Kedaulatan Rakyat, Rabu 18 Desember 2013 Halaman 2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *