Jurnal Ombudsman Daerah Edisi 9

Kehidupan masyarakat di sebuah Negara tidak bisa dilepaskan dari perizinan. Instrumen ini (perizinan) paling banyak digunakan oleh pemerintah dalam kegiatan hukum administrasi sebagai sarana untuk mengendalikan tindakan warga negara. Perizinan hadir untuk memberikan keleluasaan bagi sang warga Negara untuk “menyimpang” dari larangan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Perizinan merupakan salah satu instrumen yuridis yang digunakan oleh pemerintah dalam menjalankan kegiatan pemerintahan selain peraturan perundang-undangan, keputusan-keputusan, peraturan kebijaksanaan (freies ermessen), instrumen hukum keperdataan dan lain sebagainya.

Perizinan memiliki beberapa unsur yang meliputi instrument yuridis, peraturan perundang-undangan, organ pemerintah, peristiwa konkrit dan prosedur/persyaratan. Sebagai instrument yuridis, perizinan merupakan ketetapan pemerintah yang bersifat konstitutif. Sebagai pelaksanaan prinsip Negara hukum, maka pemberian perizinan harus didasarkan pada peraturan perundang-undangan agar tidak terjadi kesewenang-kewenangan pemerintah dalam memberikan/tidak memberikan perizinan bagi masyarakat pemohon.

Perizinan juga selalu melibatkan organ pemerintah sebagai subyek yang berwenang memberikan atau menetapkan izin dalam rangka menjalankan urusan pemerintahan. Hanya organ pemerintah yang resmi yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan perizinan. Perizinan juga senantiasa dikaitkan dengan peristiwa konkrit, suatu peristiwa yang terjadi pada waktu tertentu, orang tertentu, juga tempat tertentu dan fakta hukum tertentu.

Kompleksitas permasalahan penyelenggaraan perizinan menggugah Lembaga Ombudsman Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melakukan penelitian yang dimulai dengan pemetaan secara yuridis pengaturan perizinan (khususnya IMB). Setelah itu, dilakukan upaya identifikasi permasalahan yang muncul dalam kaitannya dengan kesadaran masyarakat dalam mengurus IMB.

Selengkapnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *