Kakanwil Berharap Pencatatan Nikah Menyatu di KUA

Senin, 8 Agustus 2016

Yogyakarta (Inmas) – Pada rakornas Kementerian Agama beberapa waktu yang lalu, Kakanwil Kemenag DIY Prof Nizar pernah mengusulkan agar pencatatan nikah menyatu di KUA. “Semua pencatatan nikah sebaiknya terkoordinir di KUA. Jadi KUA tidak hanya mencatat pernikahan agama Islam saja, tetapi semua agama karena namanya Kantor Urusan Agama, bukan Kantor Urusan Islam. Dan nanti akan ada staf dari agama lain yang akan mengurusi hal itu di KUA,” katanya menanggapi audiensi Lembaga Ombudsman (LO) DIY tentang pengaduan masyarakat terkait administrasi kependudukan, di ruang rapat 1 kanwil, Senin (8/7).

Sebelumnya LO DIY menyampaikan permasalahan terkait pernikahan agama non Islam yang belum tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Mewakili rombongan, Sutrisnowati menjelaskan ada beberapa masyarakat yang sudah melangsungkan pernikahan sah secara agama tetapi belum tercatat oleh catatan sipil, sehingga berimbas dikemudian hari.

Terkait hal ini, kakanwil memberi solusi agar ketika melakukan pernikahan, juga mengundang Dinas Dukcapil untuk mencatat pernikahan mereka saat itu juga. “Selama masih kewenangan kami, akan kami bantu. Tetapi karena masalah kependudukan, ini bukan wewenang kami,” ungkapnya.

Menanggapi adanya siswa boarding school yang dikeluarkan dari sekolah, kakanwil menjelaskan bahwa boarding atau asrama terpisah dengan sekolah. Saat ada anak yang bermasalah di asrama, tidak dapat berdampak pada sekolahnya.

Dalam audiensi ini kakanwil didampingi Kabag TU HM Lutfi Hamid, Pembimas, Kasubbag Inmas H Arief Gunadi dan pejabat lainnya. (and/win)

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *