Ketua Nasdem Bantul Dieksekusi Kejari Yogyakarta

Rabu, 20 Peb 2013

Yogyakarta, Antara Jateng – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Sukardiyono, Rabu, dieksekusi Kejaksaan Negeri Yogyakarta ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Yogyakarta sesuai putusan dari Mahkamah Agung Nomor 1671 K/PID/2011 tertanggal 19 Januari 2012.

Sukardiyono harus menjalani hukuman penjara selama tiga bulan setelah divonis bersalah dalam kasus perbuatan tidak menyenangkan saat memimpin aksi massa melakukan penolakan atas hasil penelitian dana korban gempa 2006 silam di kantor Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) Yogyakarta pada 2008 yang berbuntuk pada perusakan kantor tersebut. Dalam aksi massa yang terjadi pada 2008 silam itu, Kantor LOS DIJ dirusak.

“Pak Sukardiyono datang sendiri untuk menjalani eksekusi dan langsung dikirim ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wirogunan,” kata Plh Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Yogyakarta Suharyawan.

Menurut dia, eksekusi terhadap Sukardiyono yang juga merupakan mantan Asisten Sekretaris Daerah, Kabupaten Bantul tersebut sudah sesuai prosedur yang berlaku.

“Sebelumnya Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta memvonis bebas Sukardiyono. Tetapi, dalam pengajuan banding tingkat MA, Sukardiono divonis bersalah dan harus menjalani hukuman selama tiga bulan penjara,” katanya.

Sukardiono datang sendiri dengan diantar ratusan pendukungnya menggunakan dua bus. Sebelum masuk mobil menuju Lapas Wirogunan Sukardiyono sempat menyampaikan bahwa eksekusi sudah sesuai ketentuan dan dirinya legowo menjalaninya.

Saat disinggung posisinya di Partai Nasdem, Sukardiyono tidak bersedia berkomentar. “Setelah ini nasib di Nasdem, saya tidak tau,” katanya.

Sedangkan Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Daerah Istimewa Yogyakarta sudah menjatuhkan sanksi tegas kepada Sukardiyono dengan diberhentikan alias dicopot dari keanggotaan sebagai kader Partai Nasdem.

“Alasan pemberhentian sudah sangat jelas, yakni Sukardiono tersandung masalah hukum. Kami sudah usulkan SK pemberhentian ke DPP setelah verifikasi lalu, memang sudah lama, cuma sampai hari ini SK belum turun. Kami belum terima surat pemberhentian dari DPP. Pak Sukardiono juga masih memegang KTA Partai Nasdem,” kata Sekretaris DPW Nasdem DIY Suryo Putro Nugroho.

Menurut dia, pihaknya sudah mengambil alih dan memegang kendali dalam struktur partai yang dipegang Sukardiyono selama ini.

“Kebetulan saya yang pegang kendali dalam struktur partai di Bantul saat ini,” katanya.

Ia mengatakan, bahwa Sukardiyono juga sudah dicoret dari daftar usulan nama Calon Legislatif (Caleg) 2014 mendatang.

“Pak Sukardiono juga sudah kami diskualisasi dari daftar nama-nama yang akan maju dalam Caleg 2014 mendatang,” katanya.

Editor: Wisnu Adhi Nugroho

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *