Konsep Sampai di Bagian Hukum

Sutrisno Sikapi Kasus Sinduadi

SLEMAN – Sekretaris Kabupaten Sleman (Sekkab) Sleman Sutrisno menampik keras tudingan pihaknya lamban dalam merespon surat Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIJ terkait kasus tukar guling tanah kas Desa Sinduadi. Menurut dia, selama ini pihaknya tatap memperhatikan surat yang dilayangkan Wakil Ketua LOD DIJ Budi Santoso SH LLM tersebut.

“Siapa bilang kami nggak naruh perhatian. Kita tetap meresponya,” kilahnya saat ditemui belum lama ini. Dikatakan, untuk menjawab surat tersebut pihaknya memang memerlukan waktu khusus. Karenanya surat jawaban dari bupati kepada LOD tidak bisa dilayangkan secara cepat. Bupati Ibnu Subiyanto langsung menerbitkan disposisi yang ditujukan kepada dirinya akhir September lalu setelah surat diterima.

Sutrisno juga berposisi sebagai ketua Tim 9 atau panitia pelepasan tanah kas desa itu telah membuat tindak lanjut. Dia mengumpulkan anggota Tim 9 untuk mengadakan koordinasi. Hasilnya, diputuskan konsep jawaban telah dipasrahkan kepada Kepala BPN Drs Sukamto MSi. Dari hasil rapat monitoring Sutrisno, surat jawaban itu telah selesai dibuat. Konsepnya kini telah sampai di meja Bagian Hukum. Bagian inilah yang nantinya akan memformat jawaban untuk LOD.

Disinggung tentang lamanya jawaban yang dipersoalkan LOD, mantan kepala Bappeda ini enggan mengomentarinya. Dia malah bertanya kenapa pimpinan LOD seperti Budi Santoso tidak konfirmasi langsung pada dirinya tapi malah melalui media massa. “Kenapa tidak langsung telepon. Saya bisa jelaskan.”

Masih terkait soal ini, Wakil Ketua Komisi A Dewan Sleman Sadar Narimo menegaskan rencana memanggil Tim 9 akan direalisasikan pasca lebaran ini, meski rencana sudah akhir Oktober lalu.

Budi Santoso yang ditemui terpisah mengatakan lembaganya telah memproses surat klarifikasi kedua yang akan dilayangkan kepada bupati Sleman. Tapi, sebelumnya, LOD akan melihat hasil rapat kerja Komisi A Dewan Sleman dengan Tim 9. (kus)

Sumber: Radar Jogja, Kamis 10 November 2005

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *