Laporan Triwulan 1 Tahun 2019 LO DIY

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan lahir dan batin dalam menjalankan tugas serta kepercayaan di Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) dan dalam melaksanakan penyusunan Laporan Triwulan Kesatu Tahun 2019 ini.

LO DIY tetap fokus terhadap pembenahan manajemen internal LO DIY, membangun sinergitas semua komponen di LO DIY supaya tercipta komitmen bersama sehingga mampu menjadi tim yang solid serta selalu berada dalam suasana nyaman, inventarisir peta keunggulan serta peta masalah guna mengembangakan LO DIY sebagai lembaga yang secara nyata dapat dipertanggungjawabkan dan mempelajari secara detail ketentuan dalam Peraturan Gubernur DIY Nomor 69 Tahun 2014 Tata Kerja dan Struktur Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selanjutnya kegiatan berkembang pada orientasi membawa LO DIY menjadi lembaga pengawasan yang mumpuni dan kekinian, artinya tetap melaksanakan ketugasan dengan optimal dengan disertai menyelaraskan dengan perkembangan peradaban.Aspek sarana dan parasana juga menjadi perhatian karena menjaga citra lembaga adalah bagian pelaksanaan tugas, sehingga Komisioner LO DIY memohon bantuan dari Biro Hukum Setda. Pemda. DIY untuk bisa memperjuangkan dana dan fasilitas guna melakukan renovasi terhadap gedung LO DIY. Komitmen untuk membangun jejaring koordinasi serta silaturahmi dengan berbagai pihak yang dapat menunjang kinerja LO DIY dalam melakukan pengawasan karena kasus yang ditangani bukanlah kasus-kasus sederhana yang dapat diselesaikan hanya oleh LO DIY. Perbaikan sistemik memerlukan kemauan dan peran dari banyak pihak yang memiliki kesamaan tujuan untuk peningkatan pelayanan publik.

Kinerja LO DIY dalam menjalankan mandat dari Gubernur DIY beserta jajaran Pemerintah Daerah DIY dan masyarakat membutuhkan komitmen dan daya juang yang tinggi. Upaya memacu peningkatan kinerja dalam melakukan pengawasan membutuhkan dukungan dari pemangku kepentingan di DIY. Perbaikan sistemik merupakan tujuan besar untuk meningkatkan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun sektor swasta.

Demikian Pengantar Laporan Triwulan Kesatu tahun 2019 ini, bahwa kepercayaan adalah kata kunci dalam kinerja LO DIY maka kami berkomitmen juga menjaga kepercayaan dari Gubernur DIY beserta jajaran Pemerintah Daerah DIY dan masyarakat DIY dengan sebaik-baiknya.Mohon maaf atas segala kesalahan dan terima kasih.

Yogyakarta, April 2019

Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta

Ketua,

Dr. Suryawan Raharjo, S.H., LL.M.

Selengkapnya Klik     

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *