Laporan Triwulan 4 Tahun 2014 LOD DIY

Pada bulan Oktober sampai dengan bulan desember 2014 merupakan tri wulan keempat dan sekaligus triwulan terakhir untuk periode Lembaga Ombudsman Daerah DIY tahun 2012- 2015 ini. Dalam tri wulan keempat ini banyak hal yang telah dicapai sebagai bagian yang terintegrasi dengan tri wulan sebelumnya. Diantaranya adalah bahwa pada tri wulan keempat ini LOD DIY telah menyampaikan pertanggungjawaban publik ke masyarakat melalui refelksi akhir tahun yang telah dilaksanakan pada hari selasa tanggal 23 desember 2014 bertempat di ruang rapat lantai dua gedung DPRD DIY. Selain sebagai media untuk merefleksikan dan menjaring masukan dan harapan dari warga masyarakat serta mitra stakeholders terkait. Forum ini juga sekaligus sebagai media untuk memberikan apresiasi atas keberhasilan yang telah dilakukan oleh penyelenggara pelayanan public di DIY. Apresiasi tersebut diwujudkan dalam bentuk memberikan anugerah awarding kepada enam  penyelenggara pelayanan publik terbaik berdasarkan hasil penelitian serta objektifikasi yang telah dilakukan LOD DIY.

Basis acuan yang diberikan untuk memberikan awarding adalah penelitian yang didasarkan pada metodologi yang telah ditetapkan oleh POKJA penelitian dan pengembangan yang salah satu impact pokoknya adalah lebih pada good will yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan public di DIY terutama yang berimplikasi pada adanya kebijakan atau aturan yang dapat  menjadi solusi atas persoalan yang selama ini dihadapi.

Selain melakukan awarding dengan basis riset yang telah dilakukan LOD DIY, hasil riset ini selain didokumentasikan dalam sebuah laporan penelitian juga ditulis dan ditelaah lebih mendalam dalam bentuk jurnal ilmiah LOD DIY. Hal ini dalam rangka menjawab upaya untuk teorisasi atas apa yang selama ini telah dilakukan oleh LOD DIY sebagai sarana “menabung” ilmu pengetahuan atas langkah strategis yang telah dilakukan untuk menyelesaikan masalaha selama ini sebagai baseline dalam inovasi inovasi yang lebih dinamis untuk masa yang akan datang.

Sebagai Lembaga yang mandate utamanya menerima pengaduan LOD DIY menerima dua besar pengaduan Laporan yang diterima LOD DIY berdasarkan bidang laporan, 2 (dua) terbanyak adalah pendidikan dan kepegawaian dengan jumlah laporan masing-masing sebanyak 6 laporan (24.00%) dan bidang kepegawaian sebanyak 5 laporan (20.00%).

Selain upaya menindaklanjuti laporan yang telah dilakukan selama triwulan keempat ini, Pokja bidang penanganan laporan juga telah menyelesaikan sistem informasi dan dokumentasi LOD Documents. Sistem ini didesain untuk memudahkan dalam pendokumentasian baik laporan kesekretariatan maupun laporan kasus serta pemetaan pemetaan data sesuai dengan yang diharapkan oleh pencari data. Harapannya dengan sistem dokumentasi dan informasi ini akan memudahkan bagi internal LOD DIY untuk menyimpan data memilah data serta mengolah data menjadi suatu telaah bagi kepentingan kerja kerja kelembagaan.

Pada tri wulan keempat ini juga telah dilakukan sosialisasi baik melalui media cetak maupun elektronik. Diantara melalui media cetak adalah dengan penerbitan kalender LOD DIY yang dibagikan ke warga masyarakat dan lembaga lembaga mitra. Sedangkan dengan media elektronik juga dilakukan dengan mengadakan siaran baik melalui radio mapun televise. Dan bahkan sering juga melakukan sosialisasi langsung kepada warga masyarakat maupun lembaga lembaga mitra di masyarakat.

Pada tri wulan keempat ini ada pergantian staff dan asisten. Salah satu staff kesekretariatan telah mengundurkan diri dari LOD DIY karena memilih untuk berakarir di Ombudsman Republik Indonesia yang berkantor di Jakarta sdri Pepi Pitria dan telah digantikan oleh staff kesekretariatan yang baru saudara siti maryam. Sedangkan salah satu asisten yang mengundurkan diri adalah sdri Vitrin Haryanti dan telah digantikan oleh sdr. Anwar Masduqi (Azzam).

Di Akhir periode LOD DIY telah terbit PERGUB No. 69 yang menggantikan PERGUB No. 21 dimana LOD DIY dan LOS DIY digabung menjadi satu menjadi LO DIY. Sungguhpun para anggota LOD DIY pada periode 2012-2015 telah mengkaji adanya kekurangselarasan antara PERGUB No. 69 dengan PERDA No…tahun 2014 tentang pelayanan publik tetap saja hal tersebut kurang begitu menjadi perhatian. Tentu hal ini akan berimplikasi pada jumlah personalia LOD DIY terutama Anggota, Asisten dan Staff. Sungguhpun kondisi LOD DIY dengan nama yang telah melebur namun harapannya secara fungsi dan substansi akan lebih kuat dan eksis di kalangan masyarakat.

Selengkapnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *