Laporan triwulan 4 Tahun 2014 LOS DIY

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hidayah-Nya sehingga kami dapat menjalankan mandat dan menyusun Laporan Pelaksanaan Tugas Lembaga Ombudsman Swasta DIY (LOS-DIY) Tahun 2014. Laporan pelaksanaan tugas ini berisi laporan pelaksanaan rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan LOS DIY sejak tanggal 1 Oktober 2014 sampai dengan 31 Desember 2014 dalam rangka mendorong terwujudnya tata kelola usaha sektor swasta yang beretika dan berkelanjutan. Laporan ini disampaikan guna melaporkan keseluruhan aktivitas LOS DIY, baik yang dibiayai oleh anggaran APBD DIY maupun yang dikerjasamakan dengan lembaga lain sekaligus guna memenuhi ketentuan Peraturan Gubernur Nomor 22 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Ombudsman Swasta di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada pasal 7 huruf (f) telah jelas memberi tugas kepada Lembaga Ombudsman Swasta untuk memberikan laporan kepada Gubernur setiap 3 bulan dan 1 tahun.

Selama periode bulan Oktober-Desember 2014 telah banyak kegiatan dan program yang dijalankan oleh LOS DIY. Meskipun demikian masih banyak kekurangan yang dirasakan dan menjadi tantantang bagi kami untuk mewujudkan di waktu yang akan datang. Oleh karena itu kami sangat berharap dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan mandat mulia yang dipercayakan Gubernur DIY kepada kami untuk mendorong terwujudnya praktek bisnis beretika dan berkelanjutan. Tiga upaya yang akan terus kami jalankan untuk berusaha mewujudkan harapan tersebut adalah : 1) mengajak pelaku usaha untuk berpegang pada prinsip bisnis etis dalam menjalankan usahanya, 2) mengajak masyarakat untuk bersikap kritis, dan 3) mendorong pemerintah untuk menyusun kebijakan yang kondusif bagi penegakan perilaku bisnis beretika.

Memang harus diakui merubah perilaku bisnis tidak mudah, karena ini berkait erat dengan untung rugi sebuah usaha. Dibutuhkan waktu yang panjang untuk merubah perilaku pelaku usaha menuju perwujudan tata kelola usaha yang beretika dan berkelanjutan. Berdasarkan pengalaman menunjukan bahwa kehadiran LOS DIY dalam perkembangannya sangat bermanfaat tidak hanya dari sisi pelapor, namun juga pelaku usaha, pemerintah dan masyarakat. Atas dasar pengalaman dan belum dipahaminya keberadaan LOS DIY secara menyeluruh, kiranya sosialisasi harus terus menerus dilakukan melalui berbagai media dan kesempatan. Tentu saja sosialisasi yang dilakukan tidak semata-mata hanya sosialisasi tentang kelembagaan LOS-DIY tetapi juga menyebarluaskan rekomendasi yang telah diterbitkan agar dapat menjadi referensi bagi para pelaku usaha untuk menjalankan kebijakan usahanya sehingga tidak merugikan masyarakat, karyawan, pemerintah dan pelaku usaha sendiri. Tentu saja ini, sosialisasi rekomendasi ini akan dilakukan setelah mempunyai kekuatan hukum. Dukungan dari semua pihak sangat kami harapkan untuk mengoptimalkan capaian kinerja yang lebih baik. Kritik dan saran yang membangun sangat bermanfaat bagi kami untuk selalu mengevaluasi dan memperbaiki kinerja. Bimbingan dan arahan dari Bapak Gubernur DIY sangat diharapkan. Semoga dapat memberikan kemanfaatan yang lebih baik. Amiin.

Yogyakarta, 4 Januari 2014

Lembaga Ombudsman Swasta DIY

Ketua,

Nukman Firdausie, S.Ant

Selengkapnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *