Lindungi 9 Warga, Sikap LOD DIY Diprotes

YOGYA (KRjogja.com) – Tindakan Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIY dengan melindungi 9 warga yang mengatasnamakan warga  di Jalan Mas Suharto Gemblakan Bawah RW 9 Kelurahan Danurejan Yogyakarta dinilai bertentangan dengan tugas dan kewenangannya. Pasalnya tindakan LOD yang melakukan pemeriksaan pengadu 9 warga dan Kantor BPN Yogya tanpa melibatkan pemilik tanah yang yang merupakan tindakan diskriminatif.

“Kami keberatan atas langkah LOD yang memeriksa dan memanggil pihak-pihak seperti BPN. Padahal klien kami sebagai pemilik tanah tak pernah dimintai klarifikasi terkait dengan objek pengaduan warga RW 9 Suryatmajan Danurejan. Sehingga tindakan LOD ini tidak objektif,” ujar Jiwa Nugroho SH selaku kuasa hukum Thomas Ken Darmastono kepada KRJogja.com dalam keterangan persnya, Rabu (30/1). Pemilik tanah mengaku dirugikan karena tanah miliknya seluas seluas 1.860 m2 diserobot warga untuk pembangunan rumah dan toko selama bertahun-tahun.

Selain itu langkah Ketua Pokja Bidang Penanganan Laporan LOD DIY dengan tak melakukan klarifikasi terhadap pemilik tanah maupun kuasa hukum secara nyata menunjukkan LOD DIY tak bersikap imparsial, independen dan cenderung diskriminatif. Tindakan ini dinilai LOD seolah-seolah sebagai Lembaga bantuan Hukum (LBH) yang membela para pengadunya.

Dengan begitu tindakan LOD bertentangan dengan Pergub No 21 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Ombudsman Daerah di Provinsi DIY. Sesuai pasal 8 Pergub No 21 Tahun 2008, LOD berwenang meminta keterangan secara lisan atau tertulis dari pihak pelapor, terlapor dan atau pihak yang terkait dengan pengaduan yang disampaikan kepada LOD. Tetapi klarifikasi dengan klien kami sebagai terlapor tak pernah dilakukan.

Selain itu LOD DIY tak menghormati proses hukum  karena pemilik tanah telah melakukan laporan tindak pidana penguasaan tanah tanpa hak yang telah dilaporkan ke Polresta Yogyakarta pada 4 Desember 2012. Karena dalam surang yang dilayangkan LOD DIY ke pihak kuasa hukum pemilik tanah 25 Januari 2012 intinya LOD akan tetap menindaklanjuti kasus tersebut sampai selesai meski telah masuk ranah hukum. (Usa)

Agus Sigit | Kamis, 31 Januari 2013

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *