LOD-LOS Dituntut Independen

YOGYAKARTA – Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) dan Lembaga Ombudsman Swasta LOS harus independen. Sebab asistensi dua lembaga ini, akan ikut menentukan sistem penyelenggaraan negara yang bersih, jujur, transparan dan akuntabel.

“Asistensi ombudsman akan memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang diidamkan, yaitu bersih, jujur, transparan, akuntabel dan bebas KKN,” tutur Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat memberikan sambutan dalam pengukuhan anggota LOD dan LOS periode 2012-2015 di Gedung Pracimosono, kemarin.

Sultan berharap independensi ini harus benar-benar dijaga. Salah satu caranya dengan menindaklankuti segala laporan dari masyarakat. Agar penanganan lebih professional, perlu dilakukan pelatihan peningkatan kemampuan SDM agar tercipta capacity building yang lebih profesional dan terpercaya. “Tugas dan wewenang harus dilakukan dengan tetap mengedepankan transparansi,” tandas Sultan.

Rencana strategis kepengurusan lama yang belum terlaksana, hendaknya ditindaklanjuti dan disinergikan dengan situasi dan kondisi saat ini. Tidak kalah penting adalah melakukan edukasi terhadap masyarakat, khususnya kalangan menengah kebawah.

Anggota LOD yang dikukuhkan yaitu Ratna Mustikasari, Buyung Ridwan Tanjung, Eko Agus Wibisono, Muchsin Achmad, dan Siwi Dwi Lestari Dian Kustanti. Sedangkan anggota LOS, Siti Rochmani, Siti Umi Achiroh, Nur Syahbani Purnama, Slamet, Lukman Firdausi.

Salah seorang anggota LOS yang dilantik, Siti Rochmani bertekad untuk bekerja secara profesional, transparan dan akuntabel. Tugas LOS ke depan akan lebih berat dan tantangan lebih luas. Sebab tidak hanya menangani masalah lokal saja. Namun juga dengan melakukan penanganan di kancah nasional, seperti BUMD/BUMN. “Selama ini masih lokal, kemudian juga di kancah nasional,” tuturnya. Agar penanganan lebih maksimal, LOS akan melakukan kerjasama dengan LOD ataupun ORI. kuntadi

Sumber: Seputar Indonesia Rabu 11 Januari 2012 Halaman 8 Kolom 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *