Mengenal Prinsip Prinsip Lembaga Ombudsman DIY Berdasarkan Peraturan Gubernur DIY Nomor 69 Tahun 2014

Gambar Ilustrasi: Staf IT dan Database Lembaga Ombudsman DIY

Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki prinsip-prinsip dalam menjalankan tugas dan wewenangnya yang telah diatur berdasarkan Peraturan Gubernur DIY Nomor 69 Tahun 2014. Prinsip-prinsip tersebut dijadikan landasan sehingga  masyarakat tetap mempercayai Lembaga Ombudsman DIY sebagai Lembaga pengawasan pelayanan publik yang konsisten menegakkan setiap kebijakan baik  bidang pemerintah daerah maupun bidang swasta.

  1. Prinsip Imparsial adalah dalam menjalankan tugas, fungsi dan wewenangnya, Lembaga Ombudsman DIY memberikan perlakuan yang adil terhadap masyarakat yang mengadukan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh aparatur pemerintah daerah maupun badan usaha swasta.
  2. Prinsip Transparansi Lembaga Ombudsman DIY mengutamakan pelayanan yang terbuka tanpa ada yang ditutup tutupi, sesuai dengan Pelayanan Operasional Standar (POS) yang telah ditetapkan sebelumnya.
  3. Prinsip non diskriminasi adalah Lembaga Ombudsman DIY memberikan pelayanan yang tidak membeda-bedakan antara satu pelapor dengan pelapor yang lainnya.
  4. Prinsip Independen adalah dalam menjalankan tugas, fungsi dan wewenangnya lembaga Ombudsman memberikan pelayanan yang tidak berpihak baik dari sisi pelapor maupun terlapor, serta tidak dapat diintervensi oleh siapa pun saat tindak lanjut laporan yang diampaikan.
  5. Prinsip persamaan adalah Lembaga Ombudsman  DIY memberikan kedudukan yang sama antara pelapor dengan terlapor, tidak condong ke salah satu pihak namun lebih mengutamakan kebenaran.
  6. Prinsip akuntabilitas adalah Lembaga Ombudsman DIY mengutamakan hal-hal yang dapat dipertanggungjawabkan keberadaannya mengenai suatu pengaduan pelayanan publik yang disampaikan oleh pelapor.

Kontributor: Yusticia Eko Noor Ida, S.T – Ketua Bidang Penelitian, Pengembangan dan Hubungan Kelembagaan | Dhelina Puteri Nur Rahmawati, S.Pd – Staf Pengaduan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *