Ombudsman Brief 2015

Executive summary

Undang-Undang Nomor 01 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Kawasan Permukiman bertujuan untuk memenuhi hak warga negara atas tempat tinggal yang layak dalam lingkungan yang sehat, aman, serasi, dan teratur serta menjamin kepastian bermukim. Kebijakan terkait perumahan ini menjadi tanggung jawab pemerintah pusat sebagaimana Pasal 28H UUD 1945 dan pemerintah daerah sebagaimana Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 (pasal 12) menyatakan bahwa hal ini menjadi urusan wajib pemerintah daerah. Pemerintah daerah wajib menyelenggarakan pembangunan perumahan / kawasan permukiman dengan tujuan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 yaitu untuk memenuhi hak warga negara atas tempat tinggal yang layak dalam lingkungan yang sehat, aman, serasi dan teratur.

Pengantar

Menurut definisi yang ada dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, perumahan dan kawasan permukiman adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas pembinaan, penyelenggaraan perumahan, penyelenggaraan kawasan permukiman, pemeliharaan dan perbaikan, pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh, penyediaan tanah, pendanaan dan sistem pembiayaan, serta peran masyarakat. Perumahan adalah kumpulan rumah sebagai bagian dari permukiman, baik perkotaan maupun perdesaan, yang dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum sebagai hasil upaya pemenuhan rumah yang layak huni. Pembangunan perumahan sebagai bagian dari pembangunan yang berkelanjutan berwawasan lingkungan juga mutlak menerapkan prinsip sustainabilitas dalam perencanaan dan pembangunannya. 

Permasalahan konsumen perumahan sangat banyak, salah satunya adalah  fasilitas yang tidak sesuai dengan brosur penawaran sampai soal cicilan lunas tapi sertifikat tidak keluar. Selain itu, juga masih banyak pengembang yang tak menyediakan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) sesuai aturan.

Selengkapnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *