Ombudsman Swasta DIY Panggil Manajemen Abu Tours

Senin, 05 Mar 2018 20:24 WIB

Yogyakarta: Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) DI Yogyakarta (DIY) memanggil manajemen Abu Tours. LOS DIY untuk mendengarkan penjelasan pihak manajemen terkait penundaan keberangkatan ratusan jemaah cabang Yogyakarta.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Swasta LOS DIY, Fuad mengatakan surat pemanggilan dikirim hari ini. Pihaknya berharap bisa mendapatkan respons dari pengelola Abu Tour paling lama minggu depan.

“Hari ini kami kirim. Kirimnya ke manajemen kantor pusat Abu Tours di Jakarta dan Makassar. Isinya kami hendak bertemu pengelola untuk meminta klarifikasi kepastian nasib keberangkatan ratusan warga Yogyakarta,” ujar Fuad di Kantornya di Jalan Tentara Pelajar, Pingit Kota Yogyakarta, Senin, 5 Maret 2018.

LOS DIY juga mengirimkan surat permintaan klarifikasi kepada Kanwil Kemenag DIY. Fuad menilai LOS DIY perlu meminta penjelasan dan pertanggungjawaban Kemenag atas pemberian izin pada manajemen Abu Tours. Pasalnya Biro Abu Tour adalah biro umrah yang terdaftar resmi di Kemenag.

“Kami perlu cermati bagaimana prosedur kemenag DIY mengeluarkan izin pada Abu Tours cabang Yogyakarta. Apakah mereka melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum mengeluarkan izin. Juga terkait mekanisme penentuan harga dari Abu Tours,” jelas Fuad.

Hasil dari penjelasan manajemen Abu Tours dan Kemenag DIY akan menjadi bahan bagi LOS DIY untuk bertindak dan memberikan saran. Hingga kini LOS DIY belum melihat adanya indikasi pidana penipuan dalam kasus ini. Namun LOS DIY bersedia menjembatani komunikasi korban Abu Tours ke Polda DIY.

LOS DIY mengimbau kepada para jemaah Abu Tours yang belum diberangkatkan untuk melapor. Pekan lalu belasan warga Yogyakarta mendatangi kantor LOS DIY untuk melaporkan Biro Umrah Abu Tours. Mereka datang mewakili ratusan jemaah Abu Tours yang gagal berangkat umrah. Jemaah minta bantuan LOS DIY untuk mediasi pertemuan dengan manajemen Abu Tours.

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *