Perkuat Kinerja, Bawaslu DIY Gandeng LOD DIY dan ORI DIY

Forum P6 bekerjasama dengan PT. Telkomsel branch Yogyakarta melakukan sosialisasi cara pengaduan dugaan pelanggaran pemilu 2014 dan pelayanan publik melalui sms center masing-masing lembaga

Yogyakarta – Pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan pemilihan umum presiden RI yang dilaksanakan pada tahun 2014 merupakan agenda besar seluruh bangsa Indonesia. Agenda pemilu menjadi sangat penting karena melalui Pemilu, seluruh rakyat Indonesia akan memilih wakilnya untuk duduk di lembaga perwakilan yang bernama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) serta memilih presiden.

Berdasarkan UU No. 8 tahun 2012 tentang Pemilu DPR, DPD, dan DPRD, pasal 250, ada tiga (3) kategori pelanggaran yang potensial terjadi selama proses berlangsungnya pemilu, yaitu pelanggaran administrasi, pelanggaran pidana pemilu, dan pelanggaran kode etik. Terkait dengan pelanggaran administrasi atau maladministrasi, menurut UU No. 37 tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia pasal 7, hal ini merupakan bagian dari tugas ombudsman RI untuk menyelesaikannya jika berkaitan dengan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh Penyelenggara Negara dan pemerintahan. Demikian juga dengan LOD DIY yang dalam Pergub No. 21 tahun 2008 pasal 7 menegaskan tentang fungsinya sebagai pengawas dan mediasi pelayanan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah. Keterkaitan tugas dan fungsi seperti inilah yang membuat Bawaslu DIY merasa penting untuk menjalin kerja sama dengan Lembaga Ombudsman Daerah dan Ombudsman RI.

Melihat urgensi di atas maka Bawaslu DIY menginisiasi pertemuan koordinasi dengan LOD DIY dan ORI DIY. Dari koordinasi tersebut, ketiga lembaga ini bersepakat untuk membentuk Forum Pengawasan dan Pemantauan Pelanggaran Pemilu Tahun 2014 dan Pelayanan Pubilk (Forum P6) untuk mencegah serta menindaklanjuti berbagai penyimpangan dan ketidakberesan yang terjadi selama penyelenggaraan pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2014 sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Komitmen ini akan diperkuat dengan penandatanganan bersama Kerangka Acuan Kerjasama antara ketiga lembaga pada hari ini, Jum’at tanggal 28 Maret 2014 di Kantor Bawaslu DIY.

Forum P6 ini akan diselenggarakan selama bulan April sampai dengan bulan Desember 2014 dengan agenda kegiatan antara lain: Menerima laporan/ pengaduan terkait adanya dugaan pelanggaran dalam pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014 yang dilakukan oleh penyelenggara, peserta, dan pihak-pihak lain yang terkait. Melakukan pengawasan dan pemantauan secara langsung atau tidak langsung terhadap seluruh proses tahapan pemilu legislatif dan pemilu presiden. Melakukan koordinasi, klarifikasi, evaluasi dan perumusan rekomendasi tindak lanjut temuan-temuan selama penyelenggaraan Forum P6.

Untuk memulainya, Forum P6 bekerjasama dengan PT. Telkomsel branch Yogyakarta melakukan sosialisasi cara pengaduan dugaan pelanggaran pemilu 2014 dan pelayanan publik melalui sms center masing-masing lembaga, yaitu Bawaslu DIY: 082225325555; LOD DIY: 08112741000; Ori Perwakilan DIY: 083840551100, kepada publik dengan cara broadcast sms ke seluruh pelanggan telkomsel di area Yogyakarta. Dengan itu, diharapkan masyarakat akan lebih mudah berpartisipasi secara optimal dalam rangka mewujudkan pemilu 2014 yang berkualitas.

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *