Press Release Lembaga Ombudsman DIY Evaluasi Capaian Kinerja atas Aduan Masyarakat Tahun 2016

Tahun 2015 adalah periode pertama penggabungan dua Lembaga yakni Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) Daerah Istimewa Yogyakarta dan Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY). Penggabungan ini didasarkan pada Peraturan Gubernur No. 69 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada kurun waktu 2 tahun (2015-2016) LO DIY berproses dan bermetamorfosis, salah satunya adalah bidang penerimaan kasus pengaduan sehubungan dengan  penyelenggaraan pelayanan publik di DIY. Berikut ini adalah capaian kinerja atas aduan masyarakat dalam kurun waktu 2 tahun (Tahun 2015-2016), sebagai berikut:

Selama dua tahun, LO DIY menangani sejumlah 582 kasus, yang terdiri dari 300 kasus pada tahun 2015 dan 282 kasus pada tahun 2016. Dari 582 kasus yang diselesaikan dengan penyelesaian cepat pada tingkat konsultasi sejumlah 302 kasus, sedangkan 280 kasus diselesaikan dengan tindak lanjut yang lebih panjang.

Sektor Aparatur Pemerintahan pada Tahun 2015 yang paling banyak diadukan adalah peringkat pertama bidang pendidikan sebanyak 33 kasus, peringkat kedua bidang pertanahan 27 kasus dan peringkat ketiga bidang kesehatan 16 kasus. Sedangkan pada Tahun 2016 Sektor Aparatur Pemerintahan yang paling banyak diadukan adalah peringkat pertama bidang pendidikan sebanyak 37 kasus, peringkat kedua bidang pertanahan 34 kasus dan peringkat ketiga bidang perijinan 21 kasus.

Pada Sektor Aparatur Pemerintahan, kasus yang diterima tahun 2015 dan tahun 2016 ada trend bidang yang berbeda dibanding kasus yang ditangani Lembaga Ombudsman DIY sebelum Tahun 2015 yaitu meningkatnya pengaduan bidang pertanahan dan bidang perijinan. Secara garis besar ruang lingkup materi kasus yang diadukan adalah….

Selengkapnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *