Sangat Dibutuhkan Eksistensinya – LOD Siap Jaga Keistimewaan DIY

YOGYA (KR) – Masyarakat Yogyakarta sangat fleksibel dengan kearifan lokalnya yang kuat. Dalam dinamikanya, persoalan di masyarakat selalu ada. keberadaan Lembaga Ombudsman DIY (LOD) merupakan salah satu upaya untuk menjadi solusinya.

“Kami di komisioner Lembaga Ombudsman DIY ini belum lama dilantik. Belum ada 1 bulan. namun laporan yang masuk ke kami sudah ada 50 perkara. Ini membuktikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kami sangat tinggi,” papar Ketua LOD Suryawan Raharjo SH LLM dan jajaran komisioner saat silaturahmi di redaksi KR diterima Pemred Drs Octo Lampito MPd, Rabu (31/1).

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 69 Tahun 2014, Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Ombudsman DIY dibentuk untuk mendorong terwujudnya penyelenggaraan pemerintah daerah yang bersih dan penyelenggaraan usaha swasta yang bertika di DIY.

LOD tugasnya membantu Gubernur untuk membawa DIY menuju perbaikan, punya komitmenkuat untuk menegakkan pakta integritas. Namun tetap tak akan over acting. Karenanya, LOD DIY siap kerja sama dengan berbagai lembaga dan masyarakat untuk menuju DIY yang bersih.

“2018 ini ada agenda pemilihan lurah secara serentak. Lembaga Ombudsman DIY komitmen untuk menjaga Yogyakarta tetap kondusif. Meski belum lama dilantik, kami berusaha untuk menjadikan Lembaga Ombudsman DIY tetap menjadi lembaga yang dipercaya siapa pun juga. LOD saat ini telah menjadi muara setiap orang. Maka ke depan, keberadaan LOD dalam jangka panjang sangat dibutuhkan. Kami siap menjaga keistimewaan DIY,” papar Suryawan. (Rdi) -c

Sumber: SKH Kedaulatan Rakyat, Kamis 1 Februari 2018 Halaman 9

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *