SD-SMP Negeri Tak Boleh Tarik Pungutan

PEMKOT SIAPKAN ATURAN TENTANG SUMBANGAN

YOGYA (KR) – Sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat tentang sekolah gratis, SD-SMP negeri tidak diperbolehkan menarik pungutan biaya terhadap seluruh siswa. Pemkot Yogya kini tengah menyiapkan aturan terkait sumbangan sukarela dari orangtua.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogya Drs Syamsury MM kepada KR sabtu (18/7) mengungkapkan pungutan biaya kepada orangtua siswa SMA/SMKN diperbolehkan apabila sudah ditetapkan komite.” Kalau sudah terbentuk komite, RAPBS-nya dibawa ke dinas, kami cermati dan disahkan baru boleh menarik iuran dari orangtua,”katanya.

Sedangkan untuk SD-SMP negeri tidak diperbolehkan menarik pungutan dari orangtua. Bagi orangtua yang akan memberikan sumbangan sukarela, bukan hasil kesepakatan rapat komite diperbolehkan. Pemkot Yogya kini tengah menyiapkan Peraturan Walikota (Perwal) terkait hal itu.” Nantinya orangtua yang akan menerima dan mengoperasikan dana suka rela tersebut,” kata Syamsury.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Yogya Ardianto menambahkan sumbangan sukarela orangtua murid SD-SMP negeri tanpa adanya permintaan baik secara lisan atau tertulis dari sekolah atau komite, tidak bertentangan dengan kebijakan pusat. Hal ini juga sesuai dengan aturan yang ada yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar dan PP Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

“Sekolah juga dapat mencari sumber pendanaan dari alumni atau donatur di luar orangtua siswa. Seluruh pendapatan yang berasal dari sumbangan harus masuk dalam komponen pendapatan yang tertuangkan di dalam APBS sehingga akuntabel dan transparan,” jelasnya.

Terkait dengan pungutan yang akan dilakukan di SMA/SMK khususnya di sekolah negeri boleh dilakukan apabila RAPBS sudah disahkan Dinas Pendidikan. Hal ini telah diatur dalam Perwal tentang Pedoman Penyusunan APBS, dengan melibatkan orangtua murid baru di SMA/SMK. (Nik)-m

Sumber: BERNAS JOGJA, Selasa, 21 Juli 2009

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *