Sultan Kukuhkan Anggota LOD dan LOS DIY

YOGYA (KRjogja.com) – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X hari ini mengukuhkan anggota Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) dan Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) DIY di gedung Pracimosono Kepatihan. Masing-masing lembaga terdiri dari lima orang yang telah melalui berbagai proses seleksi termasuk fit and proper test.

Dalam sambutannya, Sultan menyampaikan, LOD dan LOS dibentuk sebagai saluran resmi masyarakat untuk mengadu tentang layanan publik yang kurang memuaskan. Sehingga akan tercipta kontrol untuk memperbaiki layanan publik yang belum baik tersebut.

“Keberadaan dua lembaga ini berkontribusi positif dalam penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas KKN. Karena itu independensi dari lembaga ini harus dijaga agar kredibilitas mereka juga terjaga di masyarakat,” ujar Sultan, Selasa (10/1).

Anggota LOS terpilih Siti Rohmani menuturkan, dalam program kedepan, pihaknya menargetkan agar LOS nantinya tidak hanya menangani kasus pada unit usaha lokal, tetapi juga nasional. Hal ini juga sesuai dengan harapan dari panitia seleksi agar kami bisa saling bersinergi.

“Harapannya kami bisa ikut berperan menangani kasus skala nasional. Adapun kekhawatiran akan tumpang tindih dengan Ombudsman Republik Indonesia (ORI), maka menjadi penting untuk saling berkoordinasi. Karena pada dasarnya misi kita sama, yakni untuk mewujudkan good governence,” tuturnya.

Anggtoa LOD terpilih terdiri dari lima orang diantaranya Ratna Mustika Sari, Buyung Ridwan Tanjung, Muhsin Ahmad, Eko Agus Wibisono, dan Siwi Dwi Lestari. Sedangkan anggota LOS terpilih juga terdiri dari lima orang yakni Siti Rohmani, Siti Umi Akhiroh, Nur Sya’bani Purnama, Slamet dan Lukman Firdausie.

Usai menjalani pengukuhan, masing-masing lembaga menjalani pembekalan dan dilanjutkan dengan rapat internal untuk memilih ketua serta struktur dalam organisasi. Termasuk untuk menentukan target dan prioritas program. Anggota LOD dan LOS terpilih akan menjalani tugas sampai periode 2015 mendatang. (Aie)

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *