Tak Hanya Masalah Publik, Lembaga Ombudsman DIY Juga Pernah Dapat Aduan Perceraian

Lembaga Ombudsman DIY (LO DIY) mengunjungi kantor Tribun Jogja dalam rangka bersilaturahmi, serta berdiskusi ringan terkait peran media terhadap kinerja LO DIY, Jumat (2/2/2018).
Laporan Reporter Tribun Jogja, Rizki Halim

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Sebagai lembaga yang menerima aduan terkait layanan publik dan maladminsitrasi instansi pemerintahaan, Ombudsman sejatinya mengurusi beberapa hal menyangkut kemaslahatan publik.

Namun nyatanya, Lembaga Ombudsman (LO) DIY justru pernah mendapat aduan yang beraneka ragam.

Dalam perjalanannya, LO DIY pernah mendapatkan beberapa kali kasus masyarakat yang mengadukan permasalahan yang sifatnya di ranah pribadi, tapi justru membuat aduan kepada LO DIY.

“Dulu pernah ada yang melaporkan masalah konflik dengan tetangganya, bahkan pernah juga ada yang mengadu kepada kami masalah perceraian,” ujar Ketua Bidang Pelayanan dan Investigasi LO DIY, Sugeng Raharjo saat berkunjung ke Kantor Tribun Jogja, Jumat (2/2/2018).

Menurutnya hal tersebut menbuktikan bahwa Ombudsman hingga saat ini masih banyak dipercaya oleh publik sebagai lembaga yang dapat memecahkan permasalahan, walaupun permasalahan yang diadukan justru bukan kewenangan LO DIY.

Kendati demikian, LO DIY mengaku tetap senang dapat menjadi wadah berkeluh kesah masyarakat selama ini.

“Kita selama ini malah jadi tempat curhat masyarakat, tapi kami selalu terbuka meskipun itu bukan otoritas kami, kami akan memberikan arahan kepada masyarakat yang mengadu untuk melapor kepada pihak yang lebih berwenang,” imbuh Wakil Ketua Bidang Swasta LO DIY, Fuad. (*)

Penulis: Rizki Halim
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja

Sumber

Leave a Reply