Tambak Udang Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat

BANTUL (KRjogja.com) – Maraknya pembangunan tambak udang di pesisir selatan Bantul dinilai sebuah kemajuan dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Sejauh ini usaha padat modal tersebut sangat menjanjikan dari aspek keuntungan. Meski begitu langkah pembuatan tambak udang di beberapa titik dianggap merusak gumuk pasir sebagai sebuah fenomena alam.

Lurah Desa Parangtritis, Topo mengakui tambak udang memang sedang dikembangkan di wilayahnya. Langkah tersebut diambil dengan pertimbangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Menurut Topo, pihaknya tidak bisa melarang warganya membangun tambak udang. Selama mereka bersedia menyanggupi ketentuan yang dibuat. “Jika memang itu (tambak udang. red) membawa kesejahteraan mengapa tidak diijinkan. Bagi masyarakat, alam itu tidak ada artinya jika tanpa membawa kemakmuran,” ujar Topo di Bantul, Kamis (06/04/2014).

Topo mengakui tambak udang memang sedang dikembangkan di wilayahnya. Langkah tersebut diambil dengan pertimbangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Dijelaskan, sebelum warga diijinkan membangun tambak, ada ketentuan yang harus penuhi. Karena tambak tersebut di atas lahan milik sultan, jika sewaktu-waktu yang punya meminta, harus diberikan tanpa perlawanan. (Roy)

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *