Tiga SKPD Kulonprogo Raih Penghargaan Pelayanan Publik

Minggu, 28 Januari 2018 18:59
TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO – Tiga instansi di bawah Pemerintah Kabupaten Kulonprogo mendapat penghargaan nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN/RB) terkait pelayanan publik.

Yakni, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), serta RSUD Wates. Penghargaan terkait upaya mewujudkan pelayanan publik yang cepat, ringkas, dan berkualitas ini diserahkan pada Rabu (24/1/2018) lalu di Jakarta.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, Rudiyatno mengatakan, ketiga satuan kerja perangkat daerah (SKPD) itu meraih penilaian kategori baik dan ke depan diharapkan meningkat jadi sangat baik. Penghargaan itu diharapkannya juga akan memotivasi SKPD yang lain menjadi baik sehingga kualitas pelayanan publik di Kulonprogo secara bertahap akan baik semuanya.

“Dengan tujuan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat,” terang Rudiyatno, Minggu (28/1/2018).

Kepala DPMPT Kulonprogo, Agung Kurniawan mengatakan diraihnya penghargaan pelayanan publik karena DPMPT sudah melakukan berbagai inovasi.

Di antaranya seperti perizinan online, jemput bola, perizinan simultan atau penyederhanaan satu berkas untuk tiga izin sekaligus, menyusun geographic information system, membuat desk investasi, bahkan tim khusus penanganan investasi skala besar.

Selain itu, Pemkab Kulonprogo juga sudah punya Perda maupun Perbup tentang kemudahan dalam hal penanaman modal.

Berdasarkan Lembaga Ombudsman Daerah (LOD), menilai positif sistem perizinan di Kulonprogo, khususnya terhadap kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang meraih angka 93,50.

Meskipun penghargaan telah diraih, Agung masih merasa pelayanan yang diberikan belum maksimal karena masih masuk kategori B (Baik), belum masuk kategori Sangat Baik.

“Kendalanya sarana prasarana gedung yang masih dua lokasi, belum menyatu.

Tahun ini akan dibangun gedung yang representatif sehingga harapannya akan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” terang Agung.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *