Workshop Membangun Transparansi Dan Akuntabilitas Biaya Pendidikan Di DIY

29 September 2015 | Jurnalis: Edy S

Dikpora.DIY-Lembaga Ombudsman (LO) DIY menggadakan workshop membangun transparansi dan akuntabilitas biaya pendidikan di DIY,yang di selenggarakan hari ini Selasa (29/09/2015) Di Auditorium Dinas Kebudayaan. Adapun yang hadir dalam acara tersebut yaitu perwakilan dari sekolah-sekolah negeri maupun Swasta dan Madrasah Se-DIY.

Dalam acara tersebut Lembaga Ombudsman mengadirkan narasumber yaitu Kepala Dikpora DIY Bpk Kadarmanta Baskara Aji, Kepala Lembaga Ombudsman (LO) DIY Sutrisnowati,SH.,dan Dari Pascasarjana UNY Bpk Udik Budi Wibowo.

Di Sampaikan oleh Bpk Aji bahwa pendanaan pendidikan adalah penyediaan sumber daya keuangan yang di perlukan untuk penyelenggaraan dan pengelelolaan pendidikan.adapun biaya pendidikan yaitu:

  1. Biaya satuan pendidikan
  2. Biaya penyelenggaraan pendidikan
  3. Biaya pribadi peserta didik

Biaya pendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah,pemerintah daerah,dan masyarakat.

Prinsip umum pengelelolaan dana pendidikan  yaitu dapat di audit atas dasar standar audit yang berlaku dan menghasilkan opini audit wajar tanpa pengecualiaan dan dapat dipertanggungjawabkan secara transparan kepada pemangku kepentingan pendidikan.

Di tempat yang sama Sutrisnowati selaku dari Ombudsman mengatakan bahwa Selama ini masalah pendidikan dan kesehatan masih menjadi masalah yang paling banyak diadukan terkait pelayanan lembaga pemerintah, oleh karena itu Lembaga Ombudsman inggin berperan dalam pengawasan pelayanan publik dan menerima berbagai aduan dari masyarakat sehubungan dengan pelayanan publik,termasuk bidang pendidikan.

Di jelaskan oleh Sutrisnowati selaku dari Lembaga Ombudsman bahwa Ombudsman ada bukan untuk mencari-cari kesalahan akan tetapi untuk menjembatani antara masyarakat dan penyelenggara pelayanan publik (pemerintah dan swasta) yang nantinya bisa terwujud pelayanan publik yang prima sehingga lembaga ombudsman berharap masyarakat mendapatkan haknya dan kesejahteraan rakyat terwujud menuju Jogja istimewa.

Sutrisnowati berharap masyarakat lebih mengenal LO/Lembaga Ombudsman DIY dan tidak ragu untuk melakukan pengaduan apabila tidak puas dengan adanya kebijakan publik.”tutupnya.

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *